Ternyata Ulat Jerman Lebih Bagus Dibandingkan Ulat Hongkong

Pakan Ulat Jerman Lebih Bagus Dibandingkan Ulat Hongkong - King mealworm atau superworms atau ulat jerman memiliki nama latin Zophobas morio. Ulat ini sering digunakan untuk pakan burung,unggas atau reptil. Banyak peternak, yang lebih memilih jenis ulat superworm ini dibandingkan dengan ulat hongkong. Pemberian pakan ke ternak memang sangat penting. Karena akan mempengaruhi tumbuh kembangnya. Semakin baik pakan yang diberikan, akan semakin bagus pula pertumbuhan tubuhnya membuat tubuh lebih sehat.

Apalagi untuk burung kicau. Anda harus memberikan pakan yang tepat. Sehingga kicauannya semakin bagus. Banyak peternak burung atau reptil, yang membandingkan antara jenis ulat hongkong dan jerman. Kedua jenis ulat ini memang yang paling banyak digunakan. Tapi kadang banyak peternak, yang tidak bisa membedakannya. Karena sekilas bentuk hampir mirip. Apalagi jenis ulat untuk pakan pun banyak sekali. Ada beberapa pedagang, sering mencampurkan jenisnya, sehingga tak terlihat. Oleh karena itu, anda harus lebih berhati-hati.Anda bisa juga searching peternak ulat jerman yang menggunakan google maps untuk mengetahui peternak yang jual ulat jerman hidup terdekat untuk extrafooding burung kicau, ikan, atau reptil kesayangan Anda.

Kelebihan ulat jerman dibandingkan ulat hongkong





sumber gambar : www,jualulatjerman.com

Dibandingkan ulat hongkong, kelebihan ulat jerman lebih banyak. Kandungan gizi didalamnya lebih tinggi, sehingga aman dikonsumsi burung kicau anda. Ulat ini termasuk jenis larva yang memiliki panjang 6 cm. Pertumbuhan ulat ini secara alami, tidak diberi suntikan apapun. Sehingga besarnya memang alami. Sedangkan jenis giant mealworm, ukuran besar karena disuntik. Jadi tidak alami. Untuk ulat hongkong, memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan jerman. Ketiga jenis ulat ini, yang paling sering untuk pakan burung.

Ada cara yang bisa anda lakukan, untuk membedakan giant mealworm dengan jerman. Dari ukurannya pun terlihat beda. Jerman memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan giant mealworm dan lebih besar dibandingkan ulat hongkong. Yang paling terlihat. Ulat jerman bisa mati kalau disimpan di dalam lemari pendingin. Kandungan gizi di dalamnya pun sangat tinggi. Beberapa kandungannya antara lain :

• protein 19,06%
• lemak : 14,19%
• kalsium 173 ppm
• serat kasar 2,60 %

Ulat ini memiliki ketahanan tubuh yang lebih tinggi dibandingkan ulat hongkong. Sehingga bisa membantu membunuh dan menangkal pertumbuhan bakteri, virus, parasit dan jamur di burung anda. Membuat burung kicau lebih sehat dan bersuara lebih indah. Kandungan khitin atau exoskeletonya pun lebih sedikit dibandingkan ulat hongkong. Sehingga pakan ini akan mudah dicerna oleh burung, karena sesuai dengan sistem pencernaannya. Walaupun burung mengkonsumsinya dalam jumlah banyak.

Pemberian ulat hongkong berlebihan pada burung kicau pun akan membuatnya over birahi. Oleh karena itu, ulat hongkong hanya diberikan ketika akan mengikuti lomba saja. Berbeda dengan jenis jerman ini, tidak akan membuat burung over birahi. Saat ini sudah banyak orang yang budidaya ulat jerman. Selain menguntungkan, juga mudah dibudidayakan. Modal sedikit tapi keuntungannya besar.

Walaupun ulat ini bagus untuk burung. Tapi ada beberapa jenis burung yang sulit mencernanya, seperti burung pelci, ciblek, perenjak dan burung kecil lainnya. Untuk memberikan pakan ini, anda harus memotong-motong ulatnya terlebih dahulu. Karena ukurannya terlalu besar, sehingga tidak bisa masuk ke mulut burung kecil. Setelah dipotong,bisa dimasukan ke wadah yang bersih. Supaya tidak berjamur atau terkena kotoran.

Untuk harganya tak jauh beda dengan ulat hongkong. Sekarang banyak peternek reptil dan burung, yang memilih memberikan ulat jerman dibandingkan ulat hongkong. Karena memang lebih bagus efeknya ke burung atau reptil. Membuatnya lebih sehat dan bugar. Bahkan jarang terserang penyakit. Itulah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Deskripsi: ulat jerman lebih aman dan lebih bagus daripada ulat hongkong, oleh karena itu banyak peternak yang memberikan pakan ini.
Advertisemen

© 2017 Wisata Kuliner - Created by MDCSite